Mata Kuliah Praktik Usaha Kursus Bidang Kuliner (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang manajemen catering yang terdiri atas: (1) konsep dasar manajemen catering, tujuan menerapkan manajemen dalam manajemen catering, organisasi dan system dalam manajemen catering; (2) Jenis operasional catering; (3) Program menu untuk operasional catering; (4) Desain menu catering; (5) Alat pengontrol dalam operasional catering; (6) harga menu catering sebagai control; (7) business plan untuk usaha catering; (8) pemasaran dan penjualan catering; (9) kualitas service (pelayanan) dan standar pelatihan; (10) pengelolaan peralatan catering ( managing catering equipment ); (11) pengelolaan material dalam operasional catering ( managing catering material ); (12) pengelolaan SDM dalam operasional catering ( managing catering employee ); (13) Operasional catering sesuai sesuai sandar ketepatan, efisiensi, dan K3

Capaian Mata Kuliah :

Kemampuan Umum: Mampu memahami konsep


1. manajemen catering (inside and out side cateting) secara mandiri, percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab.


2. Mampu menjelaskan jenis operasional catering secara mandiri, percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab


3. Mampu menyusun program menu untuk operasional catering secara mandiri, percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab


4. Mampu mendesain menu catering secara mandiri, percaya diri, jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


5. Mampu menentukan alat kontrol dalam operasional catering secara mandiri, percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab


6. Mampu menetapkan harga menu catering sebagai control secara mandiri, percaya diri, teliti, jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


7. Mampu menyusun business plan untuk usaha catering secara mandiri, percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab


8. Mampu melakukan pemasaran dan penjualan catering secara mandiri, percaya diri, smart , jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


9. Mampu memahami kualitas service (pelayanan) dan standar pelatihan secara mandiri, percaya diri, jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


10. Mampu melakukan pengelolaan peralatan catering ( managing catering equipment ) dengan memperhatikan persyaratan ketepatan, efisiensi, dan K3 secara mandiri, percaya diri, jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


11. Mampu melakukan pengelolaan material dalam operasional catering ( managing catering material ) dengan memperhatikan persyaratan ketepatan, efisiensi, dan K3 secara mandiri, percaya diri, smart , jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab


12. Mampu melakukan pengelolaan SDM dalam operasional catering ( managing catering employee ) dengan memperhatikan persyaratan ketepatan, efisiensi, dan K3 secara mandiri, percaya diri, smart , jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab.


13. Mampu melakukan operasional catering sesuai sesuai sandar ketepatan, efisiensi, dan K3 secara mandiri, percaya diri, smart , jujur, berorientasi pada hasil, dan bertanggung jawab.


Sumber Rujukan :
  1. Sutiadiningsih, Any; Purwidiani, Niken; dan Yuniseffendri. Manajemen Usaha Catering. Unesa: Buku Ajar Mahasiswa
  2. Scanlon, Nancy Loman. 2013. Catering Management. Fourth Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  3. Kinton, Caserani. 1989. The Theory of Cathering . London: Edward Arnold.Revino. 2000. Purchasing : Suatu Pengantar Praktis. Jakarta: Percetakan Karya Unipress.
  4. Stretch, J. Audry and H.A. Southgate. 1986. The Science of Cathering . Australia: Edward Arnold.
  5. Cohen William A. 1995 . Model Business plan for Service Business . Ner York: John Wiley & Sons, Inc.
  6. Miller, Jack E.; Dopson, Lea R.; Hayes, David K. 2005. Food and Beverage Cost Control, Third Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc
  7. Jones, Terry. 2004. Culinary Calculations : Simplified Math For Culinary Professionals . United States of America: John Wiley & Sons, Inc
  8. Linch, Francis T. 2000. The Book of Yields : Accuracy in Food Costing and Purchasing . United States of America: John Wiley & Sons, Inc
  9. Mill, Robert Christie. 2007. Restaurant Management: Customer, Operations, dan Employees . Third Edition. Upper Saddle Riverm, New Jersey: Pearson Prentice Haill, Inc
  10. Gregoire, Mary B. & Spears, Meran C. 2007. Foodservice Organizations. A Managerial and System Approach . USA: Pearson Prentice Hall.
  11. Khan, Mahmood. 1987. Foodservice Operation . Connecticut: Avi Publishing Company, Inc.
  12. Widjana, I Gede. Rekayasa Menu ( Menu Engineering ). Denpasar: STP-Nusa Dua

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM