Mata Kuliah Tata Hidang (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini merupakan pengkajian dan pemahaman konsep dan penerapan menata mejamakan dan pelayanannya untuk berbagai kesempatan jamuan makan dalam hubungannyadengan kebudayaan bangsa yang berlaku secara internasional. Pembahasan diawali dari konsep tatahidang, etiket makan, menata meja, teknik dan model pelayanan makanan danlayanan kamar, dan jamuan makan. PBM dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktiksecara berkelompok dan diakhiri dengan uji kompetensi.
Mata kuliah ini merupakan pengkajian dan pemahaman konsep dan penerapan menata mejamakan dan pelayanannya untuk berbagai kesempatan jamuan makan dalam hubungannyadengan kebudayaan bangsa yang berlaku secara internasional. Pembahasan diawali dari konsep tatahidang, etiket makan, menata meja, teknik dan model pelayanan makanan danlayanan kamar, dan jamuan makan. PBM dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktiksecara berkelompok dan diakhiri dengan uji kompetensi.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa memiliki pengetahuan konsep etiket makan, keperluan menata meja,menata meja makan, teknik dan model pelayanan makanan dan layanan kamar, danjamuan makanyang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdasdan mandiri dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumberbelajar.2.Mahasiswamampu merencanakan bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk proses penyajian danpelayanan makanan yang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdas, mandiri dan jujur dengan mengacu pada tujuan pembelajaran danmemanfaatkan sumber belajar.
- Mahasiswa mampu merencanakan peralatan yangdibutuhkan untuk proses penyajian dan pelayanan makanan yang berorientasi padastandar operasional prosedur secara cerdas, mandiri dan jujr dengan mengacupada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar.
- Mampu menata meja makan sesuai menu dan standaroperasional prosedur industri jasa boga secara cerdas,mandiri, jujur, peduli dan tangguh denganmengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar.
- Mampu melayankanmakanan dan minuman sesuai standar operasional prosedur industri jasa boga secaracerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkansumber belajar.
Sumber Rujukan :
- Faye, Kinder. Green, Nancy R. Harris, Natholin. 1984: Meals Management . New York: Mac MillanPublishing Co.
- Goodman Jr, Raymond J. 2002. F& B Service Management . Jakarta: Erlangga.
- Harvey Lang, Jennifer. 1988 . LarousseGastronomique. New York:Publishers, Inc.
- JeanneHimich Freeland, Graves and Peckham, Gladys. 1987 . Foundations of Food Preparation . New York:MacmillanPub. Co.
- Kazarian,Edward A. 1983. FoodserviceFacilities Planning . New York: AVI Publishing, Inc.
- Kleinsteuber, Asti. 1997. TableManners . Jakarta: PrimamediaPustaka. 7. Kotschevar, H. Lendal, Withrow,Diane. 2007. Management By Menu . America: John Wilrey & Sons.
- Lilicarp,Dennis R and Cousins, John A. 1990. Foodand Beverage Service . London: Hodder and Stoughton
- Pendit, I. N. R. 2004. TableMannner Dinning Etiquette dan Etiket dalam Jamuan. Yogyakarta: GrahaIlmu.
- Strianese,Anthony J. 2002. Dining Room andBanquet Management. Singapore: ITP Co.
- Suyono, R. P. 2004. Etiket Jamuan Makan danKomunikasi . Jakarta: Grasindo
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM