Mata Kuliah Kurikulum Sekolah (2 SKS)
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman teori dasar kurikulum dan Kurikulum SMK Keahlian Tata Rias yang terdiri dari konsep kurikulum, perencanaan kurikulum, filosofi pengembangan kurikulum, prinsip pengembangan kurikulum, desain kurikulum, implementasi kurikulum, faktor keberhasilan implementasi kurikulum, hakekat Kurikulum 2013, standar isi Kurikulum 2013, kurikulum 2013 SMK, implementasi dan inovasi kurikulum 2013, kurikulum prototipe, implementasi pada kurikulum prototipe, penerapan kurikulum prototipe, perbedaan kurikulum 2013 dan prototipe, struktur kurikulum SMK Keahlian Tata Rias, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, konsep silabus, dan analisis silabus SMK Keahlian Tata Rias, capaian pembelajaran SMK Keahlian Tata Rias. Metode yang digunakan adalah diskusi, penugasan membuat makalah, dan presentasi.
1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami teori dasar kurikulum dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.
2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang kurikulum SMK yang berlaku saat ini (Kurikulum 2013 dan Prototipe).
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan struktur kurikulum, silabus, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Keahlian Tata Kecantikan.
4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam menganalisis struktur kurikulum, silabus SMK Keahlian Tata Kecantikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Arifin,Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum .Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Busro dan Siskandar, 2017, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogjakarta: Media Akademik
Mulyasa 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Bandung:Remaja Rosdakarya.
Supangat.2022. Kurikulum 2022 . Depok: Jawab Barat
Wina Sanjaya.2010 . Kurikulum Dan Pembelajaran, (KTSP) Jakarta: Prenada Media Gruop.
Yani Ahmad.2014. Mindset Kurikulum 2013 . Bandng:Alfabeta.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM