Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP Keahlian Tata Kecantikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini (Kurikulum 2013 revisi). Metode yang digunakan adalah diskusi, penugasan membuat makalah, dan presentasi. Pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan platform media internet: zoom meeting, whastap dan googlemate untuk link akan dibagikan pada g whatasap grup.

Capaian Mata Kuliah :

1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami teori dasar perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.

2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran yang berlaku saat ini (Kurikulum 2013 revisi).

3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP Keahlian Tata Kecantikan.

4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam menyusun rencana pembelajaran SMK Keahlian Tata Kecantikan(silabus, RPP, lembar penilaian, dan modul) sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sumber Rujukan :

1. Abdul Gafur. 1989. Desain Instruksional . Solo: Tiga Serangkai.

2. Mulyasa. 2004. Kurikulum Tingkat Berbasis Kompetensi (KBK) . Bandung: Remaja Rosdakarya.

3. Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.

4. Mulyasa 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

5. Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Kencana.

6. Sani Ridwan, Abdulloh. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM