Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengkaji hakekat belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar serta teori-teori belajar yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar Behavioristik, kognitif, konstruktivitis, Sibernetik, Revolusi Sosio-Kultural, Teori Belajar Sosial, Kecerdasan Ganda, Pemrosesan Informasi dan Teori Motivasi Belajar serta bagaimana melibatkan kecerdasan dalam pembelajaran. Perkuliahan disampaikan secara teori dan penugasan

Capaian Mata Kuliah :

1. Pengetahuan

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar, serta teori-teori belajar dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK

2. Keterampilan Umum

Mahasiswa menguasai konsep-konsep dan teori-teori belajar serta contoh-contoh aplikasinya dalam pembelajaran bidang tata rias.

3. Keterampilan Khusus

Mahasiswa dapat membuat keputusan berdasarkan analisis contoh-contoh kasus atau masalah pembelajaran di kelas dan memberikan ide-ide untuk memilih berbagai alternative solusi.

4. Sikap

Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam membuat keputusan terkait teori belajar yang relevan.

Sumber Rujukan :

1. Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

2. Maskun & Rachmedita, Valensy. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta : Graha Ilmu

3. Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology.Third Edition. Boston: McGraw-Hill.

4. Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 1 . Jakarta: PT Indeks.

5. Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 2 . Jakarta: PT Indeks.

6. Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition.Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM