Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)
Matakuliah ini mengkaji hakekat belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar serta teori-teori belajar yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar Behavioristik, kognitif, konstruktivitis, Sibernetik, Revolusi Sosio-Kultural, Teori Belajar Sosial, Kecerdasan Ganda, Pemrosesan Informasi dan Teori Motivasi Belajar serta bagaimana melibatkan kecerdasan dalam pembelajaran. Perkuliahan disampaikan secara teori dan penugasan
1. Pengetahuan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar, serta teori-teori belajar dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK
2. Keterampilan Umum
Mahasiswa menguasai konsep-konsep dan teori-teori belajar serta contoh-contoh aplikasinya dalam pembelajaran bidang tata rias.
3. Keterampilan Khusus
Mahasiswa dapat membuat keputusan berdasarkan analisis contoh-contoh kasus atau masalah pembelajaran di kelas dan memberikan ide-ide untuk memilih berbagai alternative solusi.
4. Sikap
Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam membuat keputusan terkait teori belajar yang relevan.
1. Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
2. Maskun & Rachmedita, Valensy. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology.Third Edition. Boston: McGraw-Hill.
4. Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 1 . Jakarta: PT Indeks.
5. Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 2 . Jakarta: PT Indeks.
6. Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition.Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM