Mata Kuliah Filsafat Pendidikan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
  2. Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
  3. Mahasiswa mampu memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
  4. Mahasiswa mampu memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
Sumber Rujukan :
  1. Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
  2. Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
  3. Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
  4. The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.
  5. Surajiyo. 2008.Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM