Mata Kuliah Filsafat Pendidikan (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
- Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
- Mahasiswa mampu memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
- Mahasiswa mampu memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
Sumber Rujukan :
- Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
- Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
- Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
- The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.
- Surajiyo. 2008.Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.
© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM