Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, definisi, tujuan, fungsi, faktor-faktor yg mempengaruhi belajar, prinsip- prinsip, azas-azas, dan macam – macam teori belajar: teori behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan daring, penugasan mandiri dan diskusi kelompok serta presentasi
Capaian Mata Kuliah :
- Menguasai pengertian, definisi, tujuan, fungsi, faktor-faktor yg mempengaruhi belajar,, prinsip-prinsip, azas-azas belajar dan macam-macam teori belajar: behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme.
- Membuat Keputusan konsep dan teori dalam ruang lingkup teori-teori belajar yang relevan untuk diterapkan dalam sekolah menengah kejuruan.
- Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran.
- Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran.
Sumber Rujukan :
- Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
- Hergenhahn, B. R., Olson, M. H. 2015. Theories of Learning (Teori Belajar), Edisi Ketujuh. Jakarta: Prenadamedia
- Gredler, M. E. 2011. Learning and Instruction Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam. Jakarta: Kencana
- Mudlofir, A., Rusydiyah, E. F. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek. Depok: Rajagrafindo Persada
- Suranto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
- Slavin, R.E. 2005. Educational Psychology Theory and Practice
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM