Mata Kuliah Analisis BIG Data Untuk Sosiologi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Memahami konsep, peluang, dan tantangan big data terkait teknik penggalian data serta model deskripsi dan prediksi dengan data yang sangat besar

Capaian Mata Kuliah :

1. Menguasai IT dalam menelusuri sumber informasi tentang konsep-konsep dalam kajian statistik pendidikan untuk menelaah masalah pembangunan dan pendidikan 2. Menguasai konsep-konsep metode penelitian kuantitatif terapan pada masalah kajian pendidikan 3. Membuat keputusan yang relevan tentang metode penelitian sosiologi kuantitatif untuk menganalisis masalah pendidikan 4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep-konsep yang relevan

Sumber Rujukan :

Colin Strong, 2015, Humanizing Big Data: Marketing at the Meeting of Data, Social Science and Consumer Insight , Kogan Page

Ian Foster, Rayid Ghani, Ron S. Jarmin, Frauke Kreuter, Julia Lane, 2017, Big data and social science: a practical guide to methods and tools, Chapman and Hall/CRC, Taylor & Francis Group

Martin Atzmueller, Alvin Chin, Frederik Janssen, Immanuel Schweizer, Christoph Trattner, 2016, Big Data Analytics in the Social and Ubiquitous Context: 5th International Workshop on Modeling Social Media, MSM 2014, 5th International Workshop on Mining Ubiquitous and Social Environments, MUSE 2014, and First International Workshop on Machine Learning for Urban Sensor Data, SenseML 2014, Revised Selected Papers , Chapman and Hall/CRC, Taylor & Francis Group


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM