Mata Kuliah Kajian Pembelajaran Sosiologi di SMA (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang model-model pembelajaran dengan arahan ( direct instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), dan diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi SET, serta strategi-strategi belajar ( learning strategies ). Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi serta magang kognitif pada Sekolah Menengah Atas

Capaian Mata Kuliah :

· Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran Sejarah inovatif yang relevan untuk mencapai kompetensi siswa · Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran Sosiologi yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif.· Membuat keputusan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran Sejarah inovatif yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa dalam format peer teaching · Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa

Sumber Rujukan :
  1. Agus Suprijono, 2003. Cooperative Learning. Yogyakarta
  2. Richard I. Arend, 2012. Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
  3. Muslimin Ibrahim. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press
  4. Mohamad Nur. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah
  5. Mohamad Nur dan Kardi Soeparman. 2000. Pembelajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM