Mata Kuliah Pengantar Metode Penelitian Sosiologi (2 SKS)
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar metodologi penelitian sosiologi mulai dari paradigma penelitian, penelitian sosial, jenis-jenis penelitian sosial, karakteristik berbagai jenis penelitian social dan unsur-unsur berbagai jenis penelitian sosial. Mahasiswa mampu membuat presensi proposal penelitian sosiologi kontemporer baik dengan metode kuantitatif ataupun metode kualitatif.
1. Mampu memanfaatkan IT dalam menelusuri sumber informasi untuk menelaah konsep-konsep dasar metodologipenelitiansosiologi untuk menelaah masalah-masalah pembangunan dan pendidikan
2. Mampu menguasai konsep-konsep dasar metododologi penelitian sosiologi untuk menelaah masalah-masalah pembangunan dan pendidikan
3. Mampu membuat keputusan dalam penerapan konsep-konsep dasarmetodepenelitian sosiologi untuk menelaah masalah-masalah pembangunan dan pendidikan
4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran dan berkerjasama dalam memahami konsep-konsep dasar metodologi penelitian sosiologi untuk masalah-masalah pembangunan dan pendidikan
- Singarimbun, MasridanSofian Effendi (Penyunting). 2002. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
- Koentjaraningrat (Penyunting). 1985. Metode Penelitian Masyarakat . Jakarta: Gramedia
- Denzin, N.K. dan Y.S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research . (Penerjemah: Dariyatno, dkk). Yogyakarta: PustakaBelajar
- Azwar, Saifudin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Ritzer, George. 2000. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Terjemahan. Jakarta: Rajawali Press
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM