Mata Kuliah Sosiologi Komunikasi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata Kuliah ini secara umum membahas konsep dasar Sosiologi Komunikasi, struktur dan proses sosial, konsep perubahan sosial budaya, perkembangan teknologi media informasi dan komunikasi massa, masyarakat cyber ( Cyber Community ), realitas media massa dan konstruksi sosial media massa, Teori Sosiologi Komunikasi, masalah-masalah sosial di media massa, fenomena sosial hubungan antara komunikasi dengan perubahan sosial budaya.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu memanfaatkan IT dalam menelusuri sumber informasi untuk menelaah Sosiologi Komunikasi.
  2. Mampu menguasai Sosiologi Komunikasi untuk menelaah masalah-masalah pendidikan dan pembangunan
  3. Mampu membuat keputusan dalam penerapan Sosiologi Komunikasi untuk menelaah masalah-masalah pendidikan dan pembangunan.
  4. Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran dan berkerjasama dalam memahami Sosiologi Komunikasi untuk menelaah masalah-masalah pendidikan dan pembangunan
Sumber Rujukan :
  • Ardianto, Elfinaro. et.al. 2007. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar . Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
  • Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat . Jakarta : Prenada Media Group.
  • Effendy, Uchjana Onong. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi . Bandung : Citra Aditya Bakti.
  • Eriyanto, 2001. Analisis Wacana . Yogyakarta : LKIS


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM