Mata Kuliah Pariwisata dan Hospitality (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis, mensintesa konsep-konsep dalam bentuk laporan tertulis, dan mengkomunikasikan berbagai hal terkait dengan pengetahuan pariwisata, meliputi sejarah munculnya pariwisata, pariwisata dan wisatawan, sistem pariwisata, motivasi wisatawan, dokumen-dokumen yang diperlukan dalam perjalanan wisatawan, industri pariwisata, daerah tujuan pariwisata dan daya tarik wisata, gastromomy tourism, permintaan gastronomy tourism dan dampak serta prospek pariwisata ke depan dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu mempresentasikan (KK) sejarah munculnya pariwisata (P) dengan didasarkan atas pemikiran logis dan bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  2. Mampu mempresentasikan (KK) pariwisata dan wisatawan (P) dengan didasarkan atas pemikiran logis dan bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  3. Mampu mengkonstruk (KK) sistem pariwisata (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  4. Mampu mengkonstruk (KK) motivasi pariwisata (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  5. Mampu mengkonstruk (KK) dokumen perjalanan wisatawan (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  6. Mampu mengkonstruk (KK) industri pariwisata (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  7. Mampu mengkonstruk (KK) daerah tujuan wisata dan daya tarik wisata (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  8. Mampu mengkonstruk (KK) gastronomy tourism (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  9. Mampu menganalisis permintaan gastronomy tourism berdasarkan teori/konsep sistem dengan didasarkan pemikiran logis dan bertanggung jawab, serta memprsentasikan hasilnya secara mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S)
  10. Mampu mengkonstruk (KK) dampak dan prospek pariwisata ke depan (P) menurut beberapa pendapat ahli dengan didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab dan dengan hasil mandiri (KU) serta dengan sikap terpercaya/beritegritas (S).
Sumber Rujukan :
  1. Suwena, I Ketut dan Widyatmaja, I Gst Ngr. Pengetahuan Dasar Ilmu Parwisata. Denpasar: Pustaka Larasan
  2. Pitana, I Gde.; Diarta, I Ketut Surya.2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset/
  3. A.J. Muljadi. 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan . Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
  4. Lickorish, Leonard J.; Jenkins, Carson L. 1997. An Introduction to Tourism. Linacre House, Jordan Hill, Oxford: Butterworth-Heinemann
  5. Goeldner, Charles R. and Ritchie, J. R. Brent. 2012. TOURISM: Principles, Practices, Philosophies. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc..
  6. Pender, Lesley and Sharpley, Richard (editor). 2005. The Management of Tourism . London EC1Y 1SP: SAGE Publications Ltd
  7. Azahari. 2012. Pariwisata Indonesia : Pergeseran Tren Pariwisata. Workshop Kurikulum Sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Fakultas Pariwisata – Universitas Udayana Denpasar – Bali, 26 – 28 Januari 2016
  8. Dama Adhyatma. 2008. Jenis-Jenis Wisatawan, dalam http://www.adhyatma.blogspot.com diakses 25 Agustus 2008.
  9. Darsoprajitno,H.Soewarno. 2001. Ekologi Pariwisata, Tata Laksana Pengelolaan Objek dan Daya Tarik Wisata. Bandung : Angkasa
  10. Dharmmesta, B.S., 1999, Loyalitas Pelanggan: Sebuah kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, vol 14, no 3.
  11. Yoeti.2002. Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
  12. Wikipedia. 2009. Negara Bebas Visa Masuk Indonesia, dalam http://www.wikipedia.org. diakses 25 Agustus 2009.
  13. Wall, G. 1993. Towards a Tourism Typology. Dalam JG. Nelson, R. Buttler and G. Wall (ed) Tourism and Sustainable Development: Monitoring, Planning, managing. Waterloo Dept. of Gegraphy Univ.Waterloo.
  14. Weaver, D dan Lawton, Laura. Tourism Management 15th Edition. Australia: John Wiley & Sons
  15. Mill, Robert Christie. 2010. Tourism the International Business. Open Textbooks for Hongkong.
  16. Hjalager, A.-M., & Richards, G. (Eds.). 2002. Tourism and Gastronomy . London: Routledge
  17. Stanley, John., and Stanley, Linda. 2015. Food Tourism a Practical Marketing Guide. Wallingford: CAB International
  18. Hall, C. Michael., Sharples, Liz., Mitchell, Richard., Macionis, Niki., and Cambourne, Brock (Ed.). 2003. Food Tourism Around the World Development, Management and Markets. Oxford: Butterworth-Heinemann
  19. Boniface, Priscilla. 2016. Tasting Tourism: Travelling for Food and Drink. London and New York: Routledge Taylor & Francis Group
  20. Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., and Wanhill, S. 2018. Tourism Principles and Practice 6th Ed. United Kingdom: Pearson
  21. Walker, J. R. dan Walker, J. T. Introduction to Hospitality Management. London: Pearson
  22. Barrows, W. C., Power, T., dan Reynolds, D. 2012. Introduction to Management in the Hospitality Industry 10th Ed. New Jersey: John Wiley & Sons
  23. CBSE. 2016. Tourism Concepts and Practices Student Handbook. New Delhi: Central Board of Secondary Education
  24. Sharma, Kshitiz. 2014. Introduction to Tourism Management. New Delhi: Mc Graw Hill Education Private Limited
  25. Page, S. J. 2019. Tourism Management 6th Ed. New York: Routledge
  26. Cook, Roy A., Hsu, C. H. C., dan Taylor, L. L. 2018. Tourism The Business of Hospitality and Travel 6th Ed. New Jersey: Pearson Inc

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM