Mata Kuliah Perencanaan Bisnis Kuliner (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah Business Plan dikembangkan untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana formulasi rencana bisnis dan argumentasi yang mendukung mengenai hal tersebut dilakukan. Fokus kegiatan perkuliahan diarahkan untuk membangun sikap positif mahasiswa terhadap setiap peluang bisnis yang ada dan mengembangkan kepekaan diri terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Untuk maksud tersebut, metode pedagogik yang dipergunakan lebih banyak bertumpu pada kombinasi kuliah klasikal, diskusi, dan berbagi pengalaman praktikal baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Topik-topik yang dibahas dalam matakuliah ini antara lain: identifikasi peluang bisnis dan respon strategik, formulasi konsep dan model bisnis, analisis industri dan persaingan, elaborasi ragam fungsi bisnis, dan aspek-aspek terkait dengan keputusan investasi dalam bisnis.

Capaian Mata Kuliah :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi ragam faktor yang dipertimbangkan dalam formulasi rencana bisnis
  2. Memahami “mengapa” dan “kapan” rencana bisnis harus ditulis dan dikembangkan
  3. Memahami keunikan dan tantangan dalam proses formulasi rencana bisnis
  4. Mengembangkan gagasan dan model bisnis strategik secara terintegratif
  5. Menyusun dan mempresentasikan rencana bisnis yang dikembangkan secara lisan dan tertulis
Sumber Rujukan :


  1. Blackwell, E. (2004), How to Prepare a Business Plan. Kogan Page, London.
  2. Paley, N. (2004), Successful Business Planning , Thorogood Publication.
  3. Pearce, L.M. (2008), Business Plans Handbook , Thomson gale.
  4. Ramsey, D. dan Windhaus, S. (2009). The Everything Business Plan Book. Adams Media, Avon, MA



© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM