Mata Kuliah Jalan Raya dan Kereta API (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa : Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa : Sejarah perkembangan jalan kereta api di Indonesia dan konstruksi perkerasan, Definisi track , fungsi jalan kereta api, bagaimana mengetahui klasifikasi jalan berdasarkan kecepatan tempuh, passing tonas e beban gandar, jenis rel, dimensi tubuh jalan rel, penampang jalan kereta api, memperkenalkan kepada mahasiswa perencanaan jalan kereta api antara lain : Distribusi beban-beban pada jalan kereta api, lapisan dasar tanah, tudung pasir, Balas, Jenis-jenis Rel, Gaya-gaya yang bekerja pada Jalan Kereta Api (gaya sentrifugal, gaya penggulingan kereta api), Geometrik jalan Rel (alinyemen horisontal dan Vertikal) perencanaan konstruksi bawah dan atas, Emplasemen, Perlintasan dan Jenis-jenis wesel.

Capaian Mata Kuliah :

Mahasiswa mampu memahami peranan Jalan Kereta Api bagi pertumbuhan perekonomian, serta komponen-komponen perencanaannya didalamnya

Sumber Rujukan :
  1. Dadang. 2004. Buku Ajar Jalan Raya & KA. Surabaya:FT. Sipil Unesa.
  2. Banks, J.H. 2002. Introduction to Transportation Engineering. MacGraw Hill. 2nd Edition. Boston. 502p
  3. Oglesby. 1982. Highway Engineering. Singapore.
  4. Utomo, S.H.T. 2009. Jalan Rel. Beta Offset. Edisi Kedua. Yogyakarta.
  5. Surakim, Konstruksi Jalan Rel, Penerbit Nuansa Cendekia Bandung (2014)
  6. PJKA 1986 Perencanaan Konstruksi jalan Rel (Peraturan Dinas 10 A,B,C)
  7. Imam Subarkah 1981 Jalan Kereta Api Bandung : Idea Dharma

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM