Mata Kuliah Jalan REL (2 SKS)
Mata kuliah ini memberikan gambarankepada mahasiswa : Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa :Sejarah perkembangan jalan kereta api di Indonesia dan konstruksi perkerasan,Definisitrack, fungsi jalan keretaapi, bagaimana mengetahui klasifikasi jalan berdasarkan kecepatan tempuh,passing tonase beban gandar, jenis rel,dimensi tubuh jalan rel, penampang jalan kereta api, memperkenalkan kepada mahasiswa perencanaanjalan kereta api antara lain : Distribusi beban-beban pada jalan kereta api,lapisan dasar tanah, tudung pasir, Balas, Jenis-jenis Rel, Gaya-gaya yangbekerja pada Jalan Kereta Api (gaya sentrifugal, gaya penggulingan keretaapi), Geometrik jalan Rel (alinyemenhorisontal dan Vertikal) perencanaan konstruksi bawah dan atas, Emplasemen,Perlintasan dan Jenis-jenis wesel.
Mahasiswamampu memahami peranan Jalan Kereta Api bagi pertumbuhanperekonomian, serta komponen-komponen perencanaannya didalamnya
- Dadang. 2004.BukuAjar Jalan Raya & KA.Surabaya:FT. Sipil Unesa.
- Banks, J. H. 2002. Introduction to Transportation Engineering. MacGraw Hill. 2nd Edition. Boston. 502p
- Oglesby. 1982.Highway Engineering.Singapore. 4. Utomo, S. H. T. 2009. Jalan Rel. Beta Offset. Edisi Kedua. Yogyakarta.
- Surakim, Konstruksi Jalan Rel, Penerbit Nuansa Cendekia Bandung (2014)
- PJKA 1986Perencanaan Konstruksi jalan Rel (Peraturan Dinas 10 A,B,C)
- Imam Subarkah1981Jalan Kereta ApiBandung : IdeaDharma
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM